Selasa, 12 Januari 2010

Studi Deskripsi Daya Serap Siswa terhadap Mata Pelajaran Aqidah Akhlak

ABSTRAKSI



“Studi Deskripsi Daya Serap Mata Pelajaan Akidah Akhlak Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas. Skripsi Program Strata Satu (S.1), Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah, IAIN Walisongo Semarang.

Kata Kunci : Studi, Daya Serap, Mata Pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pencapaian daya serap siswa kelas V MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas terhadap mata pelajaran akidah akhlak. Adapun penelitian yang penulis lakukan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa semester genap tahun pelajaran 2008/2009..
Setelah mengadakan penelitian menunjukkan bahwa daya serap yang dicapai siswa kwlas V MI Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas relatif baik/tinggi. Dari data analisi data diperoleh rata-rata nilai 63.02 dan yang mendapatkan nilai di bawah rata-rata lebih kecil dibandingkan dengan yang mendapatkan nilai di atas rata-rata. Siswa yang daya serapnya di bawah nilai rata-rata mencapai 33.33%, sedangkan siswa yang daya serapnya di atas nilai rata-rata mencapai 61.53%.
Adapaun bagi pendidik dalam rangka meningkatkan daya serap siswa agar lebih meningkat lagi, maka seharusnya dalam penyampaian materi menggunakan metode yang relevan, dengan menciptakan suasana belajar yang mnyenangkan, sehingga siswa lebih konsentrasi dan memiliki minat yang tinggi terhadap pelajaran.


Tidak ada komentar: