Selasa, 12 Januari 2010

BAB III

METODE PENELITIAN


A. Tipe atau Sifat Penelitian
Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yang mana dalam penelitian deskriptif kuantitatif mempunyai tujuan untuk menggambarkan atau melukiskan secara cermat dan sistematis fakta, gejala, fenomena, opini atau pendapat, sikap, menggambarkan (to describe) suatu kejadian dan lain sebagainya.
Dalam penulisan ini tujuan yang akan dicapai adalah mendeskripsikan atau menggambarkan daya serap siswa terhadap mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen Banyumas tahun ajaran 2008-2009. Adapun desain yang digunakan adalah deskriptif survei.
Desain / format deskriptif survei dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi sebagai subyek penelitian, pendapat subyek penelitian inilah yang akan kita deskripsikan tentang variabel yang kita teliti.

B. Obyek Penelitian
Obyek dalam penelitian ini adalah daya serap siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas.

C. Jenis dan Sumber Data
1. Jenis Data
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:
a. Data Primer, yaitu data-data yang diperoleh secara langsung dari obyek penelitian berupa jawaban soal tes yang diberikan.
b. Data Sekunder, yaitu data-data yang diperoleh dari dokumentasi pada obyek penelitian seperti Gambaran umum obyek, Struktur organisasi dan data siswa.

2. Sumber Data
Data primer yang ada dalam penelitian ini berasal dari jawaban soal tes semester genap tahun pelajaran 2008-2009. Sehingga dalam penelitian ini, penulis mengambil skor atau hasil pekerjaan/jawaban siswa terhadap soal tes semester genap yang dikerjakan di sekolah.

D. Sampel Penelitian
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, sehingga tidak perlu menggunakan poulasi, akan tetapi langsung menentukan sampel penelitian. Sampel merupakan sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti.
Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas, yang jumlahnya 39 siswa.

E. Variabel Penelitian
Variabel merupakan obyek penelitian atau apa yang menjadi titik perhatian dalam suatu penelitian. Dalam penelitian ini variabel hanya terdiri variabel independen, variabel independen dalam penelitian ini adalah daya serap siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak.
F. Instrumen dan Metode Pengumpulan Data
Instrumen dan metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah:
1. Tes Hasil Belajar (Achievement Tes)
Secara umum tes diartikan sebagai alat yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan penguasaan objek ukur terhadap seperangkat konten atau materi tertentu. Dalam penelitian ini, data tes diperoleh dari jawaban siswa atas soal tes semester genap Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif, tahun pelajaran 2008-2009.
2. Dokumentasi
Metode dokumentasi dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan pencatatan data-data yang telah didokumentasikan oleh Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas.

G. Metode Pengolahan Data
1. Tabulasi, mengelompokkan data yang diteliti kemudian disusun secara teratur dan selanjutnya dibuat dalam bentuk tabel.
2. Precessing data, yaitu data yang telah ditabulasi kemudian diolah atau diproses dalam bentuk statistik dengan menggunakan model analisis yang telah ditentukan.
3. Interpretasi data, yaitu data yang telah diproses dalam bentuk statistik deskriptif akan dianalisis dengan mencari mean, median, dan modul, selanjutnya ditarik suatu kesimpulan.

H. Metode Analisis Data
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan cara memberikan penjelasan tentang daya serap siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas berdasarkan persentase jawaban responden pada soal tes semester genap dengan mencari:
1. Mean, deng rumus:



2. Median, yaitu posisi nilai yang menunjukkan skor tengah atau 50% dari data paling tinggi atau paling rendah.
3. Moade, adalah nilai yang sering muncul dalam satu set nilai
4. Range (rentang) merupakan pengukuran yang paling sederhana untuk dispersi data. Rumus untuk range adalah:
Range = nilai maksimum – nilai minimum
5. Simpang baku



6. Persentase jawaban responden pada masing-masing siswa dirumuskan sebagai berikut:


Dimana:
P = Persentase yang diharapkan
K = Jumlah skor yang diperoleh
n = Jumlah responden



Selanjutnya untuk mengukur tingkat daya serap siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak, yakni dengan skala interval sebagai berikut:
81 - 100 (sangat kuat)
61 - 80 (kuat)
41 - 60 (cukup)
21 - 40 (lemah)
0 - 20 (sangat lemah)

Tidak ada komentar: