Selasa, 12 Januari 2010

BAB V

KESIMPULAN, SARAN DAN
PENUTUP



A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa pelajaran Aqidah Akhlak merupakan faktor penting dalam pembinaan umat untuk menjadi generasi yang mempunyai akhlaqul karimah dan mempunyai budi pekerti yang baik. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak, maka peserta didik diharapkan mempunyai daya serap yang tinggi, agar nilai-nilai yang diajarkan akan selalu tertanam dalam jiwa.
Dari analisis data tes hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar, Pekuncen, Banyumas, diketahui bahwa siswa yang mempunyai nilai tertinggi dengan nilai 92 diantara kelas interval 81-100 jumlahnya satu siswa dengan kriteria daya serapnya sangat kuat, sedangkan untuk siswa yang nilainya diantara kelas interval 20-60 jumlahnya 14 siswa dengan kriteria daya serapnya cukup, sebagian sampel mempunyai daya serap yang relatif normal diantara kelas interval 61-100 sebanyak 25 siswa. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa yang memiliki skor daya serap di atas normal lebih banyak daripada yang dibawah rata-rata. Ini membuktikan bahwa daya serap siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 01 Banjaranyar. Pekuncen, Banyumas relatif kuat atau baik.

B. SARAN
Dalam penelitian ini, penulis memberikan beberapa saran agar daya serap siswa terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak lebih meningkat, diantaranya adalah:
a. Iklim proses belajar-mengajar Aqidah Akhlak harus dibangun, termasuk dengan menggunakan metode aplikatif untuk merangsang sikap siswa, sehingga materi yang disampaikan dengan mudah dapat diserap oleh siswa.
b. Setiap guru hendaknya melakukan bimbingan dan pengawasan kepada setiap siswa agar nilai-nilai yang terkandung dalam pelajaran Aqidah Akhlak selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

C. PENUTUP
Demikian skripsi kami buat, apabila skripsi ini kurang komprehensif, maka saran dan kritik kami harapkan agar skripsi ini lebih baik.

Tidak ada komentar: