Selasa, 05 Agustus 2008

Salam merdeka...!

Ciptakan Budaya Membaca.

Ditulis oleh Zaenal M, Agustus 5, 2008

Membaca meruoakan salah satu upaya pencerdasan diri, dengan membaca, hidup menjadi berarti dan tidak kosong. Selain mengisi waktu, juga sebagai inspirasi-inspirasi dalam menjalani kehidupan ini. Betapa tidak? dengan membaca kita mendapat banyak ilmu dan cerita-cerita yang menarik dari apa yang di bacaan. Mulai dari yang fiktif, seperti novel-novel dan cerita-cerita lainnya, hingga ke buku yang non fiksi. Namun pada hakikatnya membaca tidak semata membaca hal yang dapat dilihat dengan panca indera namun lebih dari itu, membaca harus diartikan luas dengan memerankan pikiran kita untuk bisa menganalisis dan membaca sesuatu yang tidak terliat dengan paca indera.

Pada dasarnya, budaya membaca sudah digembar-gemborkan sejak jaman dulu. Ada banyak slogan “Buku adalah jendela dunia” dan slogan-slogan sejenis, tapi dalam realitanya, itu hanya menjadi jargon kosong saja. Gimana tidak kawan? Gagalnya budaya membaca pada dasarnya juga kesalahan masyarakat itu sendiri, namu bisa juga bisa jadi kesalahan pemerintah dan penerbit.
Jarang sekali kita melihat masyarakat pada umumnya (selain terpelajar) membaca, bahkan megang buku wacana aja ga pernah, apalagi membelinya. masyarakat kita sudah terkontaminasi dengan budaya barat, yaitu budaya konsumerisme produk. biasanya masyarakat yang lagi punya uang lebih baik untuk beli barang/produk dari pada buku, padahal buku merupakan investasi dan harta yang tidak dapat di nilai dengan harga. Faktor yang lain, kadang kita melihat harga buku di Indonesia mahal-mahal, apalagi kalau udah masuk di Mall, wah bisa 2 x lipatnya. Mahalnya buku terkadang membuat masyarakat enggan untuk membeli buku.
Dalam masalah ini, seharusnya pihak penerbit dan pemerintah harus bekerjasama untuk memberikan kebijakan agar harga buku di Indonesia lebih miring dikit lah, biar bisa di jangkau oleh masyarakat secara luas.
Ada beberapa solusi agar kita gemar membaca dan menjadikan budaya membaca, antara lain:
1.Biasakan membaca dulu di rumah, sebelum membiasakan membaca di luar.
2.Faktor orang tua sangat penting untuk memberikan contoh membaca tapi bukan memaksa untuk membaca.
3.Cari atau berikan tempat nyaman, kondusif dan strategis untuk membaca.
5.Paksain membaca. apa saja yang dapat di baca baca aja, entah itu koran bekas atau buku lama atau majalah bekas dan lainnya.
4.Kalau yang beruang, usahakan berlangganan majalah dan koran yang disukai, serta jangan takut untuk membeli buku, anggap apa investasi.

Ok kawan, gitu aja saran dari penulis, semoga bermanfaat dan terciptanya budaya membaca di lingkungan kita dan masyarakat umumnya, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Wassalam....

Tidak ada komentar: